Tentang FKPM

Tentang FKPM

Siapa Kami

Dasar::

  1. Skep Kasal Nomor: Kep/03/V/2005 tanggal 31 Mei 2005
  2. tentang Pembentukan Forum Kajian Pertahanan dan Maritim (FKPM)
  3. Surat Tugas Kasal No.SGas/17/VII/2011 tanggal 25 Juli 2011 tentang susunan personalia FKPM.

Visi dan Misi

:Visi:

Mewujudkan Indonesia sebagai negara maritim yang besar berbasis kepulauan.

Misi:

Mencerdaskan bangsa untuk memahami dunia maritim pada umumnya, dan pertahanan dan keamanan maritim pada khususnya.

Kegiatan:

  1. Sebagai think tanks Pimpinan TNI-AL
  2. Melaksanakan Kajian
  3. Edukasi
  4. Sosialisasi
  5. Publikasi

Struktur Organisasi

Pengurus dan anggota FKPM memiliki latar belakang praktisi dan akademisi di bidang pertahanan dan maritim.

Ketua : Laksda TNI (Purn) Robert Mangindaan

Robert Mangindaan, alumni AAL-XIV (1968), pengalaman penugasan di antaranya sebagai Naval Attache pada KBRI Manila, Filipina (1988-1991), BAIS ABRI  (1991-1996) dan Penasehat Militer pada PTRI untuk PBB, New York (1996-1999). Kini menjabat sebagai Ketua FKPM dan Tenaga Profesional Tetap di Lemhanas, Jakarta.

Wakil Ketua: Laksda TNI (Purn) Budiman Djoko Said

Budiman Djoko Said, lahir di Pekalongan, Jawa Tengah 1 Oktober 1946, alumni AAL-XV  (1969). Berbagai penugasan sebagian besar dihabiskan di kapal-kapal Armada timur (terakhir Komandan KRI HSN) , dan variasi penugasan dalam rangka latihan baik dengan TNI-AL maupun gabungan dan staf perancang latihan bersama dengan negara-negara sahabat.

Penugasan di Pendidikan di Kodikal, AAL dan Seskoal. Pendidikan militer jenjang di Long TAS/India, Diklapa-II, Seskoal, Sesko TNI, dan kursus Sumber Daya Hankam di AS (IDMC). Jabatan terakhir adalah Dan Seskoal. S-1 ditempuhnya di STTAL, progdi Teknik Manajemen Industri. S-2 Program Manajemen DI UPN “Veteran” Jakarta. Sebagai PUREK –III/UPN “Veteran” Jakarta, dan menjabat Rektor selesai tahun 2011. Bergabung dengan FKPM (Forum Kajian Pertahanan dan Maritim) di bawah kontrol Asrena KASAL semenjak tahun 2003 sampai sekarang selaku Wakil Ketua .

email :  budimandjokosaid@fkpmaritim.org

Sekretaris: Kolonel Laut (Purn) Willy F. Sumakul

Willy F. Sumakul, alumni AAL-XV 1(969), U.S. Naval War College (Naval Command College) 1993, U.K. Royal College of Defence Studies (Lemhanas Inggris) 1997. Menempuh pendidikan pada jurusan Ilmu Politik di Universitas Terbuka (1995-1996). Selain itu telah mengikuti training seperti Training ISPS CODE (Oktober dan Desember 2004). Eks Direktur Pendidikan Seskoal (1998-2001). Berbagai penugasan/penempatan di Armada RI, Kolinlamil, Seskoal dan Staf Khusus Urusan Maritim/Ditjen Migas (2000-2002). Saat ini menjabat Sekretaris FKPM merangkap analis.

email :  willysumakul@fkpmaritim.org

 

 

Analyst: Goldy Evi Grace Simatupang, S.IP

Goldy Evi Grace Simatupang, lahir di Tarutung 5 April 1987. Tahun 2006 menempuh pendidikan pada Jurusan Hubungan Internasional, Universitas Padjadjaran, Bandung. Memulai karir sebagai researcher di Institute for Maritime Studies (IMS). Berpengalaman sebagai pengajar bahasa inggris di International Language Programs (ILP). Pada saat ini bekerja sebagai tenaga analis di FKPM dan juga menjadi proofreader di The Jakarta Post.

 

 

Logo FKPM

 

 

Keterangan Logo:

  1. Logo berbentuk bola dunia (globe) dengan Kepulauan Indonesia (NKRI) yang berada pada jalan silang dunia, menegaskan keberadaan pada posisi yang sangat strategis. Lambang ini mengartikan bahwa kajian FKPM senantiasa bertolak dari perspektif kepentingan Indonesia yang sangat menyadari keberadaan pada posisi strategis tersebut.

 

  1. CDMS singkatan dari Center for Defense and Maritime Studies yang dalam Bahasa Indonesia yang diterjemahkan sebagai Pusat Kajian Pertahanan dan Maritim.

 

 

 

As a new WordPress user, you should go to your dashboard to delete this page and create new pages for your content. Have fun!

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

m4s0n501