OPERASI TNI ANGKATAN LAUT DI LUAR WILAYAH YURISDIKSI NASIONAL: SUATU TINJAUAN

Oleh: Alman Helvas Ali

1. Pendahuluan

Eksistensi dari Angkatan Laut suatu negara tidak lain ditujukan untuk mengamankan kepentingan nasional negara tersebut. Sesuai dengan karakteristik Angkatan Laut, sistem senjata Angkatan Laut dalam hal ini kapal perang dapat disebarkan ke wilayah perairan manapun dalam jangka waktu yang lama guna mengamankan kepentingan nasional. Penyebaran kapal perang, termasuk ke luar wilayah kedaulatan, guna menggelar suatu operasi merupakan hal yang lumrah bagi Angkatan Laut di dunia.

Maaf untuk membaca full akses konten dalam format post artikel silahkan terlebih dahulu mendaftar sebagai anggota milist FKPM.

Posted in Kajian 2011.

2 Comments

  1. Anda benar, terimakasih atas tanggapannya. Dan koreksi tersebut akan kami akan teruskan kepada penulisnya, yang sekarang ini tidak lagi bekerja di FKPM tetapi sudah bekerja dalam lingkungan JANE’S Intelligence.
    Terimakasih.

  2. Kebetulan saya sedang melakukan penelitian skripsi mengenai kinerja CTF-151, mohon maaf sebelumnya, namun ada beberapa hal yang nampaknya perlu dikoreksi.

    Pertama, NATO memiliki operasi anti-perompakannya sendiri yang tidak tergabung dalam CTF-151, yaitu Operation Ocean Shield.
    Kedua, perbedaan utama antara CTF-151 dan CTF-150 adalah mandat dan tugasnya, CTF-150 mempunyai tujuan untuk menjaga keamanan kawasan tanduk afrika secara umum; dari drug and small arms trafficking terutama terrorisme, dan lain-lain. Sedangkan CTF-151 hanya mempunyai satu tugas utama yaitu operasi anti perompakan. Bahkan, alasan utamanya dibentuk CTF-151 adalah karena tidak semua negara yang tergabung dalam CTF-150 memiliki mandat untuk melakukan operasi anti-perompakan.

    Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *