MERANCANG KOMPONEN CADANGAN TNI ANGKATAN LAUT

Oleh: Alman Helvas Ali

1. Pendahuluan 

Terdapat rencana bahwa pada tahun 2010 pemerintah akan mengajukan Rancangan Undang-undang Komponen Cadangan ke DPR untuk dibahas guna memperoleh persetujuan menjadi undang-undang. Pengajuan RUU Komponen Cadangan pada dasarnya merupakan implementasi dari amanat Pasal 8 ayat 3 Undang-undang No.3 Tahun 2002 tentang Pertahanan Negara. RUU itu adalah satu dari beberapa pekerjaan rumah Departemen Pertahanan yang belum ditunaikan seiring dengan amanat Undang-undang No.3 Tahun 2002.

Terkait dengan TNI Angkatan Laut, sebagai instrumen keamanan nasional pada domain maritim mempunyai kepentingan dengan terbentuknya komponen cadangan matra laut. Mengacu pada teori strategi maritim, kekuatan maritim suatu bangsa terdiri dari Angkatan Laut dan elemen-elemen lainnya seperti pelayaran niaga dan lain sebagainya. Dengan demikian, TNI Angkatan Laut perlu untuk mengikuti dinamika pembahasan RUU Komponen Cadangan nantinya agar jangan sampai kepentingan TNI Angkatan Laut tidak atau kurang terwadahi di dalamnya.

Maaf untuk membaca full akses konten dalam format post artikel silahkan terlebih dahulu mendaftar sebagai anggota milist FKPM.

Posted in Kajian 2009.

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *