KEBIJAKAN KELAUTAN INDONESIA DALAM KERANGKA KERJASAMA KEAMANAN MARITIM ASEAN

Oleh: Willy F. Sumakul

1. Pendahuluan 

Kerjasama Keamanan Maritim ASEAN (ASEAN Maritime Security Cooperation) yang sedang digemakan dan digalakkan perwujudannya di kalangan negara-negara maritim Asia Tenggara dewasa ini, merupakan suatu upaya dan kepedulian bersama untuk menciptakan suatu kawasan yang aman dan damai serta kondusif bagi pembangunan ekonomi khususnya di Asia Tenggara.

Untuk bisa mewujudkan suatu kawasan yang aman yang didasarkan pada kerjasama yang erat antar negara-negara terkait, diperlukan suatu pra kondisi yang mendukung di masing-masing negara. Agar supaya dalam pelaksanaannya mudah disinkronkan satu sama lain dan menghindari hal-hal yang dapat menjadi ganjalan ataupun hambatan. Pra kondisi yang dimaksud antara lain kebijakan pemerintah negara bersangkutan di bidang politik dalam bentuk peraturan perundang-undangan yang mengatur pengelolaan wilayah lautnya, baik untuk kepentingan politik, ekonomi dan keamanan. Produk peraturan ini sangat penting karena akan memberikan kejelasan dan ketegasan di dalam pengelolaan wilayah laut secara internal, tidak saja untuk kepentingan ke dalam tetapi juga untuk kepentingan keluar, dalam arti dapat “diadaptasikan” dengan negara lain.

Maaf untuk membaca full akses konten dalam format post artikel silahkan terlebih dahulu mendaftar sebagai anggota milist FKPM.

Posted in Kajian 2009.

One Comment

  1. pak, kalo saya mau mengangkat skripsi tentang maritim indonesia yang berbau pemerintahan. judulnya apa ya pak? mohon bantuannya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *