KEBIJAKAN KEAMANAN NASIONAL AUSTRALIA: DEFENCE UPDATE 2007

Oleh: Alman Helvas Ali

1. Pendahuluan 

Pada 5 Juli 2007 Australia kembali menerbitkan dokumen keamanan nasional yang bertajuk Australia’s National Security: A Defence Update 2007. Dibandingkan dengan edisi sebelumnya yaitu Australia’s National Security: A Defence Update 2005, dokumen tersebut secara lebih fisik lebih tebal dan secara politis menggambarkan kepercayaan diri Australia yang makin kuat untuk lebih berperan luas dan aktif dalam menata keamanan kawasan dan global.

Salah satu program pembangunan kekuatan dalam Defence Update 2007 adalah pengadaan kapal perusak berkemampuan peperangan udara. Terkait dengan itu, pada 20 Juni 2007 Australia secara resmi mengumumkan pemenang tender program SEA 4000 (Air Warfare Destroyer/AWD), yaitu galangan Navantia dengan desain kapal fregat F-100, Spanyol menyisihkan Gibbs & Cox dari Amerika Serikat. Naskah ini akan membahas tentang Defence Update 2007, pembangunan kekuatan laut Australia dan implikasinya terhadap kepentingan nasional Indonesia di laut.

Maaf untuk membaca full akses konten dalam format post artikel silahkan terlebih dahulu mendaftar sebagai anggota milist FKPM.

Posted in Kajian 2007.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *